JAKARTA – Jajaran Kelurahan Wijayakusuma membuat kolam kolakan di pinggiran Jalan Tubagus Botak Seng di RT 07 RW 05, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat. Penampungan air ini bertujuan mengatasi genangan yang kerap melanda kawasan tersebut saat hujan.

“Jalanan di sini memang jadi langganan tergenang manakala hujan. Terlebih jika hujan lebat, genangan bisa semata kaki sehingga mengganggu kenyamanan pengendara,” kata Didik, warga Kelurahan Wijayakusuma, Sabtu (10/11/2018).

Sejumlah pasukan biru Satpel Sumber Daya Air (SDA) Kecamatan Tambora terlihat tengah menggali lahan kosong untuk pembuatan kolam kolakan di RT 07 RW 05 Jalan Tubagus Botak Seng. Lokasi tersebut tepat di pinggir jalan yang menuju ke arah Kota, Tambora.

Lurah Wijayakusuma, Wakidiyanto menjelaskan pembuatan ulakan tersebut sebagai tindak lanjut aspirasi masyarakat yang mendesak supaya genangan yang kerap terjadi di Jalan TB Botak Seng saat hujan dapat teratasi.

“Jalan TB Botak Seng memang selalu tergenang karena tidak ada tali-tali air dan permukaan jalan lebih rendah,” katanya.

Untuk itu pihaknya berkolaborasi dengan Suku Dinas SDA Jakbar. Hasilnya sepakat membuat ulakan di dua titik di lokasi tersebut dengan kedalaman dua meter, lebar 2 meter dan panjang 5 meter. Pengerjaannya dikebut dan targetnya pekan depan rampung. (Rachmi)