JAKARTA – Duel Multi-Ambisi Bertajuk Derby bakal mewarnai duel antara Manchester City dan Manchester United (MU) dalam lanjutan Liga Primer Inggris di Stadion Etihad, Minggu (11/11) pukul 23:30 WIB. Demi menjaga singgasana klasemen, The Citizens, julukan City menolak untuk meremehkan tim tamu.

MU baru saja mematahkan prediksi banyak pihak usai mengalahkan tuan rumah Juventus 2-1 pada pentas Liga Champions, tengah pekan kemarin. Dalam laga itu, tim berjuluk Setan Merah itu bahkan hanya butuh waktu 10 menit di penghujung laga untuk membalikkan keadaan setelah tertinggal lebih dulu di babak pertama. “Tidak banyak tim yang bisa melakukan hal seperti itu. Namun mereka (Manchester United) adalah salah satu tim yang bisa melakukan hal itu,” kata pelatih City,Pep Guardiola, jelang laga.

Untuk itu, Guardiola mendesak anak-anak asuhnya tidak boleh meremehkan MU. Ia bahkan meyakini MU belum keluar dari jalur perburuan gelar, meski tercecer di papan tengah dengan 20 poin . Setan Merah tertinggal sembilan angka dari The Citizens di pucuk klasemen. “Menang atau kalah dari kami, MU tidak keluar dari jalur perburuan gelar Liga Inggris. Tak mungkin, ini baru bulan November. Mereka juga sudah membuktikan, ketika berada dalam momen yang sulit, mereka mampu bangkit,” tandas pelatih berkepala plontos tersebut.

Selain itu, skuad besutan Jose Mourinho itu juga tengah dalam kondisi percaya diri yang tinggi menyusul rekor kemenangan beruntun dalam tiga laga terakhir di berbagai kompetisi. “Tentu saja mereka akan datang lebih percaya diri dan menjadikan laga ini lebih spesial. Ini akan menjadi duel multi-ambisi karena jika Anda menang, mereka tidak menang. Tapi saat ini kami berada di bulan November, jadi mungkin pertandingan di Old Trafford pada Maret mendatang akan lebih menentukan,” tutur Guardiola melanjutkan.

Pada laga nanti, City juga pasti berambisi untuk menjaga rekor tak terkalahkan di Liga Primer musim ini. Selain itu, City juga tak terkalahkan dalam 53 laga terakhirnya di Liga Primer melawan tim-tim di luar empat besar. Selain itu, sepanjang karier kepelatihannya, Guardiola belum pernah menelan dua kekalahan kandang beruntun melawan satu tim tertentu di liga. Tidak heran jika Mourinho juga tidak ingin anak-anak asuhnya terlena dengan apa yang mereka buat di kandang Juventus,tengah pekan kemarin.

Perlu diketahui, derby ini selalu tercipta tiga gol atau lebih dalam 21 dari 24 laga kandang terakhir City di Liga Primer. City selalu mencetak dua gol atau lebih dalam tujuh laga kandang terakhirnya di Liga Primer. Sementara MU selalu mencetak dua gol atau lebih dalam empat laga terakhirnya di Liga Primer. Pada laga lainnnya di hari yang sama Liverpool kedatangan Fulham, Chelsea menjamu Everton dan Arsenal ladeni Wolverhampton Wanderers.

Rekor Pertemuan :

07/04/18, Man City v MU 2-3

10/12/17, MU v Man City 1-2

21/07/17, MU v Man City 2-0

28/04/17, Man City v MU 0-0

Prakiraan Pemain

Man City (4-3-3): Ederson; Mendy, Laporte, Kompany, Walker; David Silva, Fernandinho, Bernardo Silva; Sterling, Aguero, Mahrez.

Man United (4-3-3): De Gea; Shaw, Lindelof, Smalling, Young; Pogba, Matic, Herrera; Martial, Rashford, Mata. (junius/tri)