JAKARTA – Wakil Kepala Rumah Sakit RS Polri Kramat Jati Kombes Pol Haryanto mengatakan belum ada lagi korban pesawat Lion Air PK LQP dengan nomor penerbangan JT 610 yang teridentifikasi pada Minggu (11/11/2018) ini.

“Hasil sidang rekonsiliasi pada minggu 11 November 2018 pukul 11.00 di RS polri, pada siang hari ini belum ada penumpang yang teridentifikasi kembali,” ujar Kombes Pol. Haryanto.

Ia menegaskan, hingga hari ini tim Disaster Victim Identification (DVI) masih terus bekerja keras guna mengindentifikasi para penumpang pesawat nahas tersebut. Yakni tim Inafis dan tim dari Laboratorium DNA yang saat ini tengah berusaha keras agar 666 body part yang telah diterima RS Polri dapat teridentifikasi.

Sementara itu sebelumnya DVI Commander Kombes Pol Lisda Cancer menjelaskan kalau kondisi body part jenazah memang semakin memburuk mengingat lamanya jenazah mereka terendam di lautan. Sehingga hal ini tentu mempengaruhi kondisi sampel DNA pula.

“Jadi tentunya di hari yang ke-13, body part sudah mulai berkurang (kondisinya). Artinya akan memberikan sedikit kesulitan,” ujar Lisda di Gedung Sentra Visum dan Medikolegal RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur, Sabtu (10/11/2018).

Meski begitu, Ia meyakinkan kalau pihaknya akan tetap bekerja secara maksimal, agar bagian tubuh yang baru ditemukan diatas H+10 jatuhnya pesawat nahas tersebut, masih dapat teridentifikasi.

“Jadi nanti teknologi DNA nya yang akan bermain. Kalau misalnya nanti sampelnya tidak keluar, hasilnya sudah tidak bagus, hasilnya tidak keluar, akan diulang lagi prosesnya, dengan teknologi yang lain,” jelasnya.

Sebanyak 79 penumpang telah berhasil diidentifikasi oleh tim DVI RS Polri hingga Sabtu (10/11/2018) lalu. Itu artinya, masih ada 110 penumpang lainnya yang masih belum teridentifikasi. (cw2/tri)