JAKARTA – Upacara penghormatan terakhir kepada AKBP Sekar Maulana Hidayatullah,  dilaksanakan di RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur, Kamis (8/11/2018).

Upacara penghormatan terakhir tersebut  dimulai sekitar pukul 09.15 WIB dan  dipimpin oleh Kapolres Jakarta Timur Kombes Pol Yoyon Tony Surya Putra yang juga teman satu angkatan dari AKBP Sekar Maulana.

Hadir dalam acara itu anggota keluarga dari AKBP Sekar yang berdiri di sisi kanan tempat upacara.

“Telah berpulang ke Rahmatullah saudara kita AKBP Sekar Maulana Hidayatullah, dalam musibah kecepakaan pesawat lion JT 610 di perairan karawang. Pada kesempatan yang penuh belasungkawa kita bersama-sama memanjatkan doa, mendoakan agar Almarhum diampuni segala dosanya, serta arwahnya tenang di sisi Allah SWT,” ujar Tony .

Diiringi oleh lagu mars Batalion, peti jenazah AKBP Sekar yang diselimuti bendera merah putih, dibawa oleh teman-teman satu angkatannya menuju mobil jenazah.

Para peserta upacara pun melakukan penghormatan terakhir kepada AKBP Sekar, sepanjang peti jemazah tersebut dibawa menuju ke mobil jenazah. Rencananya, jenazah Sekar akan dimakamkan di TPU Karet Bivak, Jakarta Pusat.

Sebagai teman satu angkatan di Akademi Kepolisian Batalion Patriatama Angkatan 1995, Tony menilai kalau Sekar merupakan sosok yang sangat murah senyum. Bahkan pria 45 tahun ini dikenal santun oleh teman-teman seangkatannya.

“AKBP Sekar Maulana nih semenjak di pendidikan Akpol sangat baik. Saya kan satu letting ya, pribadinya sangat baik, dekat semua, sangat santun sama rekan-rekan juga. Hampir semua angkatan mengetahui bahwa AKBP Sekar dikenal sangat baik,” cerita Tony dengan mata yang berkaca-kaca.

Ia mengaku, dirinya dan Sekar terakhir kali bertatap muka pada 2015 silam saat acara reuni 20 tahun masa dinas di Semarang, Jawa Tengah. Meski begitu, Tony dan Sekar tetap menjaga komunikasinya dengan baik.

AKBP Sekar Maulana Hidayatullah merupakan anggota kepolisian Polda Bangka Belitung. Ia turut menumpang pesawat Lion Air PK LQP dengan nomor penerbangan JT 610 yang jatuh di Perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat, Senin (29/10/2018) lalu.

Jenazahnya berhasil teridentifikasi pada Rabu (7/11/2018) sore melalui pemeriksaan sidik jari. (cw2/tri)