JAKARTA – Petugas mengatakan setidaknya sembilan orang tewas dan lebih dari 150.000 dievakuasi akibat dua kebakaran hutan besar di California, AS.

Lima orang yang tewas ditemukan di dalam mobil di sebuah kota yang hancur akibat oleh api “Camp” di bagian utara negara bagian itu.

Di sebelah barat Los Angeles, api “Woolsey” menuju ke daerah pesisir, termasuk kota Malibu dan membakar beberapa rumah.

Kedua api bergerak cepat, dikipasi oleh angin kencang.

Api menyebar dengan cepat dalam semalam dan naik ke Highway 101, jalan raya utama di barat Los Angeles.

Pada Jumat siang hari waktu setempat, api melalap sekitar 5.665 hektar lahan

Kebakaran terjadi di dekat Thousand Oaks, sekitar 40 mil (64km) di barat dari pusat Los Angeles di mana seorang penyerang menewaskan 12 orang pada hari Rabu.

Kebakaran di Thousand Oaks ini membuat evakuasi 75.000 rumah.

Ribuan warga lainnya kini telah diperintahkan untuk mengungsi dari beberapa kota di sebelah barat Thousand Oaks, termasuk Calabasas di selatan Highway 101 dan Malibu di pesisir pantai, serta dari ujung barat Los Angeles.

kebakaran california

Di Calabasas dan Malibu terdapat banyak rumah selebriti dan beberapa dari mereka telah menulis di media sosial, termasuk bintang televisi realitas Kim Kardashian. Di Instagram dia mengajak orang-orang untuk “berdoa bagi Calabasas”.

“Baru saja pulang ke rumah dan punya satu jam untuk berkemas dan mengosongkan rumah kami. Saya berdoa agar semua orang selamat,” tulisnya.

Suaminya, rapper Kanye West, mengatakan keluarga mereka “aman”.

Penyanyi Lady Gaga mengatakan ia telah dievakuasi dari rumahnya di Malibu, mengunggah sebuah video di Instagram yang menunjukkan asap gelap mengepul di langit.

Sutradara pemenang Oscar, Guillermo del Toro, mengetwit bahwa dia telah dievakuasi, meninggalkan museum “Bleak House” nya yang terdiri dari koleksi memorabilia fantasi dan horror miliknya.

 Api itu juga dilaporkan telah menghancurkan salah satu set untuk serial TV Westworld.

Apa yang terjadi di California utara?

Api ‘Camp’ yang melalap 8.100 hektar, dimulai pada Kamis dekat Camp Creek, telah menghancurkan kota Paradise.

Kantor Sheriff di Butte County mengatakan lima korban terbakar hingga tewas di mobil mereka dan tidak dapat segera diidentifikasi.

Api sedang mengarah ke barat dengan kecepatan angin 56 km/jam, kata pejabat pemadam kebakaran.

Petugas pemadam kebakaran telah mengeluarkan pemberitahuan evakuasi untuk sebagian wilayah Chico, sebuah kota dengan populasi 93.000 orang di utara Sacramento.

Di kota Paradise, regu penyelamat menggunakan buldoser untuk mendorong mobil-mobil yang ditinggalkan agar dapat mencapai rumah sakit dan mngevakuasi para pasien saat api melalap bangunan itu, kata Pengawas Butte County, Doug Teeter.

“Tidak ada yang tersisa,” kata Scott Maclean, juru bicara perlindungan kehutanan dan kebakaran negara.

Dua kebakaran itu termasuk dari 16 kebakaran aktif di California. Para petugas telah menyatakan sebagian besar California Utara berbahaya, yang berarti “kebakaran ekstrim” dapat terjadi dalam 24 jam.

Wilayah ini telah bergulat dengan kebakaran hutan yang serius – termasuk yang terburuk dalam sejarah negara itu, kebakaran yang disebabkan api “Mendocino” dan “Thomas” – yang kerap muncul dan menghilang sejak tahun 2017.(tri)