JAKARTA –  Setiap kelurahan di wilayah Jakarta Selatan diharuskan memiliki Person In Charge (PIC). Program sangat dibutuhkan karena untuk mengetahui dan mendata genangan-genangan yang terjadi terutama pada musim penghujan seperti saat ini.

Permintaan ini disampaikan oleh Wakil Walikota Jakarta Selatan, Arifin dalam sosialisasi Pengisian Data Genangan oleh Person In Charge (PIC) Tingkat Kelurahan. Menurutnya PIC ini sangat penting karena saat ini intensitas hujan sudah semakin sering turun.

“Tiap kelurahan harus punya ini (PIC), bahkan di lokasi-lokasi genangan harus ada PIC nya. Jika kita sudah memiliki barang tentu titik-titik genangan akan dapat dengan capet di ketahui, ” ujar Arifin.

Musim hujan ini menjadi sangat perhatian Pemkot Jakarta Selatan terutama terkait dengan kesiapan Pemkot Jakarta Selatan, dalam menghadapi datangnya musim hujan. Meski begitu dirinya juga sangat berharap mudah-mudahan Jakarta Selatan akan terhindar dan terbebas dari banjir.

Arifin juga meminta kepada para kelurahan ataupun kecamatan dan SKPD/UKPD terkait, untuk dapat mempersiapkan segala hal yang berkaitan dengan hambatan-hambatan untuk saluran air di wilayah Jakarta Selatan.

“Utamanya, sejauh mana posisi, kondisi saluran air, yang ada di lingkungan  kita semua. Apakah sudah siap menampung air hujan yang akan turun, makanya perlu adanya pengawasan dan pemantauan titik-titik rawan” terangnya.

Wakil Walikota juga menambahkan, adanya PIC bahkan hingga tingkat RW tentu akan sangat baik. Hal ini sangat dibutuh informasi sebanyak-banyaknya dari masyarakat. Ketika dilaporkan melalui Qlue misalnya, dapat informasi, ini terjadi genangan di lokasi jalan apa, RT/RW, ketinggian berap dan disitu bisa langsung ditangani.

Sementara itu Kepala Bagian Tata Pemerintahan Kota Administrasi Jakarta Selatan, Iwan K Santoso berharap, melalui sosialisasi ini kedepan para peserta dapat mengimplementasikan apa yang telah didapatkan dari para narasumber yang ada.

“Tentunya perlu kerja sama dari bapak ibu sekalian, demi kelancaran dan suksesnya kegiatan yang akan kita laksanakan kedepannya,” tambah Iwan K Santoso. (wandi/tri)